Pribadi Orang Sukses

Amsal 12:15; 15:22

Salah satu cara untuk meraih kesuksesan adalah dengan mempunyai gambaran pribadi orang sukses, yakni ciri-ciri yang dimiliki oleh orang-orang sukses. Dalam bukunya yang berjudul The New Psycho-Cybernetics, Maxwell Maltz memberikan gambaran pribadi orang sukses dengan rumusan akronim yang mudah diingat, yaitu : SUCCESS atau sukses. Mari kita pelajari dan praktekkan rumusan tersebut agar kita memiliki gambaran pribadi orang sukses di dalam hidup kita.

Sense of Direction artinya kesadaran akan arah. Kita harus mencari tujuan yang layak untuk dicapai. Dan, lebih baik lagi kalau kita menetapkan suatu proyek. Kita harus selalu melihat ke depan, bukan ke belakang; memiliki sesuatu di depan untuk dijadikan harapan.

Understanding artinya pengertian. Kita harus mengerti terlebih dahulu sebuah masalah sehingga kita pun bisa mencarikan solusinya. Kita tidak akan bisa bereaksi secara tepat jika kita keliru di dalam mengartikan masalah yang kita hadapi. Untuk mengatasi suatu masalah secara efektif, kita harus mempelajari masalahnya terlebih dahulu.

Courage artinya keberanian. Kita harus mempunyai keberanian untuk bertindak, sebab hanya dengan tindakanlah, tujuan itu dapat diwujudkan menjadi kenyataan. Sering kali perbedaan antara orang sukses dengan pecundang bukan karena orang sukses punya kemampuan atau ide yang lebih baik, tetapi karena mereka berani bertindak atas ide-idenya.

Charity artinya belas kasih. Kepribadian sukses menghormati martabat, masalah, serta kebutuhan sesamanya. Mereka memperlakukan sesamanya sebagai manusia, ketimbang sebagai pion di dalam permainan mereka sendiri. Mereka sadar bahwa setiap orang adalah makhluk Tuhan dan individu yang unik, yang layak diberikan martabat dan penghormatan.

Esteem artinya harga diri. Dari segala perangkap serta kejatuhan dalam kehidupan ini, harga diri adalah yang paling mematikan dan paling sulit diatasi, karena hal itu adalah lubang yang dirancang dan digali oleh tangan kita sendiri. Berhentilah memandang diri sendiri sebagai individu yang kurang mampu dibandingkan dengan orang lain.

Self Confidence artinya kepercayaan diri. Sekecil apapun kesuksesan kita, itu dapat digunakan sebagai batu loncatan untuk meraih kesuksesan yang lebih besar. Teknik penting untuk memupuk kepercayaan diri adalah dengan mengingat setiap kesuksesan yang pernah dicapai di masa lalu dan berusaha melupakan kegagalan yang pernah dialami.

Self Acceptance artinya penerimaan diri. Penerimaan diri artinya menerima diri kita sekarang secara apa adanya, dengan segala kesalahan, kelemahan, kekurangan, kekeliruan serta aset, dan kekuatan-kekuatan kita. Namun, kita harus berusaha memperbaiki kesalahan-kesalahan dan kekurangan-kekurangan kita.

================================================

Mengetahui saja tidak cukup, kita harus mengaplikasikannya. Kehendak saja tidak cukup, kita harus mewujudkannya dalam aksi. – Leonardo Da Vinci

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s