Jangan Hanya Pajangan

Matius 4:1-11

Seorang pria gagah bertubuh atletis dengan bangga mempertontonkan otot-otot tubuhnya kepada orang-orang desa. Seorang tetua di desa tersebut bertanya, “Untuk apa tubuhmu yang gagah dan atletis itu?” “Tidak ada, hanya untuk dipamerkan saja,” jawab pemuda itu. “Hanya itu? Tidak ada lagi manfaat yang lain?” kata orang tua tersebut. “Tidak ada, hanya itu,” kata si pemuda. “Wah, sayang sekali, sangat disayangkan, punya tubuh berotot seperti itu tidak ada manfaatnya sama sekali,” kata orang tua itu. Orang tua tersebut tampaknya mengharapkan manfaat lain dari tubuh atletis pemuda itu, mungkin tenaganya untuk sebuah pekerjaan yang berat.

Kisah tentang pencobaan Iblis terhadap Tuhan Yesus mungkin sudah sering kita baca. Kita tentu tahu bahwa Iblis mencobai Tuhan Yesus sampai tiga kali, dan tiga kali juga Ia mematahkan pencobaan Iblis tersebut. Namun, sering kali kita lupa bagaimana cara Tuhan Yesus dalam mengalahkan Iblis tersebut. Ia mengalahkan Iblis dengan memakai ayat-ayat firman Tuhan dari PL. Ia selalu mengutip firman Tuhan dengan mengatakan, “Ada tertulis.” Namun, Tuhan Yesus tidak hanya mengutip firman saja, Ia juga menaatinya. Itulah sebabnya Iblis dapat dikalahkanNya. Ketaatan Yesus pada otoritas firman Tuhan membuatNya mampu mematahkan setiap pencobaan yang dilancarkan oleh Iblis kepadaNya.

Banyak orang Kristen yang tidak dapat mengalahkan Iblis, dikarenakan mereka tidak pernah menaati firman Tuhan di dalam hidup mereka. Mereka mempunyai Alkitab yang adalah firman Tuhan, tetapi mereka tidak pernah memakainya sebagai senjata untuk mengalahkan Iblis. Mereka hanya sekadar membaca Alkitab, tetapi tidak mempraktekkannya dalam hidup mereka. Ketika pencobaan datang, mereka begitu mudah menyerah. Mereka hanya menjadikan firman Tuhan sebagai pajangan. Sama seperti pemuda yang punya tubuh atletis itu, yang hanya bangga dengan kebugaran tubuhnya, namun sesungguhnya tidak bisa difungsikan untuk hal apa pun. Itulah sebabnya banyak orang Kristen tidak pernah menang dalam melawan pencobaan yang dilancarkan Iblis. Padahal sebenarnya Iblis itu sudah dikalahkan oleh Tuhan Yesus melalui kematianNya di kayu salib. Ia sudah tidak punya kuasa lagi atas hidup orang percaya. Kita hanya perlu mempraktekkan firman Tuhan sehingga kemenanganNya tersebut menjadi efektif dalam hidup kita. Iblis bisa kita kalahkan bukan ketika kita mempunyai Alkitab, tetapi ketika kita menaatinya.

Jika kita ingin berkemenangan atas pencobaan Iblis, maka kita harus mempraktekkan firman Tuhan dalam hidup kita. Teladanilah cara Tuhan Yesus dalam mengalahkan pencobaan Iblis, dengan menaati firman Tuhan. Dengan demikian kita pun bisa mengalahkan pencobaan yang dilancarkan oleh Iblis kepada kita. Jangan jadikan firman Tuhan hanya sekadar pajangan. Sebab, Iblis dapat dikalahkan hanya jika firman Tuhan tersebut kita taati.

================================================================

Ambil waktu untuk merencanakan; tetapi jika tiba waktunya untuk bertindak, berhenti berpikir dan maju terus. – Andrew Jackson

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s