You’ll Never Walk Alone

Mazmur 23:4; Efesus 4:2

Bagi para penggemar olahraga sepak bola, pasti sudah tidak asing mendengar slogan “You Will Never Walk Alone”, khususnya bagi para penggemar klub sepak bola yang berasal dari Inggris, yaitu Liverpool. Slogan ini sering disebut-sebut oleh para “the kop”, yaitu sebutan khusus untuk para penggemar Liverpool. Slogan tersebut merupakan judul sebuah lagu yang sering dinyanyikan oleh para penggemar klub sepak bola Liverpool ketika mereka sedang berada di pinggir lapangan untuk menyaksikan bintang sepak bola mereka beraksi. Makna dari lagu tersebut adalah membangkitkan semangat seseorang dari sebuah keterpurukan atau kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh orang tersebut. Hal itu jugalah yang inign disampaikan oleh para penggemar klub ini kepada para bintang sepak bola yang mereka gemari. Bagi para anggota tim Liverpool, peran penggemar pasti mempengaruhi mereka. Meskipun para “the kop” tidak turun langsung ke lapangan untuk bermain bersama, namun sorakan mereka dapat menjadi suatu dorongan yang memengaruhi emosi para pemain untuk lebih bersemangat dan lebih baik di dalam bermain.

Manusia merupakan makhluk sosial, yang tidak akan bisa bertahan hidup lama jika hanya hidup seorang diri saja. Suka atau tidak suka, antara pribadi kita dengan pribadi orang lain pasti memiliki rasa saling membutuhkan satu sama lain. Meskipun manusia itu memiliki banyak materi, itu tidaklah cukup untuk mempertahankan kehidupannya. Dalam ilmu sosial, manusia memiliki beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi, salah satunya yang penting adalah mendapat perhatian dari orang lain. Seseorang akan dapat berkembang secara kualitas apabila ia berada dan bergaul di tengah-tengah orang lain.

Demikian juga dengan kehidupan kita sebagai orang yang percaya kepada Tuhan. Pasti ada saat di mana kita mengalami masalah atua masa kekelaman dalam hidup, bahkan mungkin kita sendiri tidak mampu untuk menghadapinya. Namun, kehadiran Tuhanlah yang dapat membuat kita menjadi kuat. Bukan hanya kuat, kehadiranNya dalam kehidupan kita juga dapat memberikan jalan dan terang bagi kekelaman hidup. Mengandalkan Tuhan adalah hal yang utama dalam hidup, namun perlu kita ingat juga bahwa Tuhan mengizinkan orang lain untuk hadir di dalam kehidupan kita dengan tujuan untuk menemani, menguatkan, bahkan menopang kita, karena manusia tidak bisa hanya mengandalkan dirinya sendiri di dunia ini. Oleh sebab itu, belajarlah setidaknya untuk sedikit saja membuka diri bagi orang lain mengenai masalah yang kita alami, karena bisa saja Tuhan menempatkan orang lain tersebut untuk menolong kita dalam menghadapi masalah yang ada, setidaknya yang dapat menolong kita dalam hal memberikan dukungan secara moral. Dan orang tersebut bisa merupakan perpanjangan tangan Tuhan untuk mengangkat kita dari keterpurukan.

================================================================

Hidupmu adalah sebuah pesan bagi dunia ini. Pastikan pesan itu mendatangkan inspirasi. – Anonim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s