Usia Senja Tetap Produktif

Mazmur 92:13-16

Secara alami semua orang pasti akan menjadi tua. Di mana kondisi fisik akan semakin melemah, mata mulai rabun, otak mulai pikun, dll. Sehingga tidak sedikit orang menjadi khawatir ketika memasuki usia senja. Khawatir tidak bisa melakukan apa-apa lagi, khawatir tidak dapat berguna dan bermanfaat bagi orang lain. Tenaga manusia memang akan menurun, kemampuan secara umum pun akan menurun. Perihal ini, kita memang tidak bisa melawan hukum alam. Namun, bukan berarti kita harus berhenti menjadi berkat untuk orang lain.

Alkitab mencatat beberapa orang yang tetap produktif di usia senjanya, di antaranya adalah Nuh dan Kaleb. Kisah bahtera Nuh pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita. Di masa tuanya, Nuh diperintahkan oleh Tuhan untuk membuat sebuah bahtera. bila dilihat dari ukuran bahtera yang ditetapkan Tuhan, dipastikan ketika itu Nuh harus bekerja sangat keras. Sebab, membangun bahtera bukanlah perkara yang mudah, orang yang muda sekalipun pasti akan merasakan kesulitan untuk membangunnya, apalagi Nuh di usia senjanya dengan kondisi fisik yang mulai menurun. Akan tetapi, Nuh terbukti berhasil membangun bahtera tersebut karena Tuhan menyertainya. Demikian pula halnya dengan Kaleb. Di usianya yang tidak muda lagi tepatnya 85 tahun, ia masih sanggup berperang untuk merebut kota Hebron, itu semua karena Tuhan yang menjadikannya kuat.

Kiranya kedua tokoh di atas dapat memberikan semangat kepada Anda yang akan atau yang saat ini sudah memasuki usia senja. Yang perlu diketahui dan dipahami, Tuhan tidak pernah membatasi Anda untuk bermanfaat bagi orang lain, sekalipun usia Anda tidak lagi muda. Pandangan dunia, Anda mungkin tidak lagi produktif, sulit mengerjakan perkara-perkara yang sukar. Tetapi di pemandangan Tuhan, Anda tetap produktif, Anda tidak pernah layu, Anda tetap segar dan yang terpenting Ia tidak pernah menganggap Anda terlalu tua untuk melakukan pekerjaanNya. Dunia memberikan batasan kepada Anda, tetapi tidak demikian halnya dengan Tuhan. Seberapa pun usia Anda saat ini, Tuhan tetap memberikan kesempatan kepada Anda untuk menjadi berkat dan bermanfaat bagi orang lain.

Sekalipun rambut Anda memutih, kulit Anda mulai berkeriput, dan kondisi fisik Anda mulai menurun, percayalah Tuhan tidak akan pernah meninggalkan Anda. Sekalipun orang meragukan kemampuan Anda, percayalah Tuhan tidak pernah meragukan kemampuan Anda. Sebab, sejak semula Ia telah berjanji, ketika Anda setia menghidupi firmanNya di dalam hidup Anda, masa tua Anda pun telah Ia jamin. Anda akan tetap berbuah, bahkan menjadi gemuk dan segar. Untuk itu, hilangkanlah rasa khawatir dalam hidup Anda. Berapa pun usia Anda sekarang dan sebesar apa pun kekuatan Anda sekarang, Tuhan ingin memakai Anda dalam pekerjaanNya. Jadi, bersemangatlah dan tetap produktif.

================================================================

Selalu lakukan yang terbaik. Apa pun yang Anda tanam sekarang, Anda akan tuai nanti-nantinya. – Og Mandino

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s