Stand-Up Comedy

Amsal 15:13; 17:22

Komedi tunggal atau stand-up comedy adalah salah satu genre profesi melawak yang pelawaknya membawakan lawakannya di atas panggung seorang diri, biasanya di depan pemirsa langsung, dengan cara bermonolog mengenai satu topik tertentu. Orang yang melakukan kegiatan ini disebut pelawak atau komedi tunggal, komik, atau komik berdiri (stand-up comedy). Komedi tunggal ini biasanya dilakukan di kafe-kafe atau di stasiun telebisi. Salah seorang komik yang bernama Soleh Solihun pernah ditanya tentang dari mana ia belajar untuk menjadi seorang komik. ”Saya enggak pernah belajar. Karena sering ngomong di depan umum saja kali ya. Di kampus sering jadi pembawa acara. Ya enggak tahu, akhirnya begitu saja. Enggak pernah belajar teori. Yang lain pada belajar teori, saya enggak tahu teorinya bagaimana. Yang penting tujuannya membuat orang ketawa. Bagaimana omongan itu bisa membuat ketawa. Itu saja,” ujarnya.

Jadi tujuan dari mereka sebenarnya adalah menghibur penonton dengan membuat mereka tertawa. Tertawa dan humor memberikan kegembiraan dalam hidup kita. Tertawa memang bukan sesuatu yang special. Namun, penelitian menyebutkan bahwa tertawa mendatangkan banyak manfaat. Para ahli mengatakan anak-anak bisa tertawa tiga ratus sampai empat ratus kali sehari, sementara orang dewasa hanya tertawa tidak lebih dari dua puluh kali sehari. Setumpuk pekerjaan, tanggung jawab yang berat dan rutinitas kehidupan sehari-hari, acapkali merampas tawa dan kegembiraan kita. Sehingga banyak orang yang stres dan timbul penyakit karena kondisi tubuh yang lemah dan tidak penuh semangat. Seandainya setiap orang sadar bahwa tersenyum dan tertawa itu sungguh bermanfaat bagi kehidupan, sepertiga obat-obatan yang ada di apotek dan toko-toko obat lainnya, tidak akan kita butuhkan. Waw, luar biasa! Tertawa akan menghasilkan hati yang gembira dan firman Tuhan juga telah mengatakan bahwa hati yang gembira akan membuat muka kita berseri-seri dan juga sebagai obat yang manjur.

Kehidupan kita sehari-hari yang penuh dengan tekanan, baik dalam rumah, pekerjaan atau lingkungan sekitar, akan membuat kita menjadi patah semangat dalam menjalani kehidupan ini. Situasi yang serius terus-menerus akan menghalangi kita untuk tertawa. Hal ini sangat tidak baik bagi kehidupan kita, karena kehidupan kita akan menjadi tidak normal lagi. Akan tetapi, tertawa akan membuat hidup kita menjadi seimbang dan tenang. Dan kita pun dapat bekerja lebih baik lagi. Hati yang penuh sukacita akan menjadi kekuatan yang membuat seseorang dapat mengoptimalkan setiap apa yang dikerjakannya. Tentunya tertawa juga akan menyingkirkan kerutan pada dahi dan membuat kita nampak awet muda. Mari kita luangkan waktu sejenak dari kesibukan kita sehari-hari untuk tertawa lepas, bersama dengan keluarga, teman-teman kantor, dan orang-orang di sekitar kita.

=============================================================

Jangan menghabiskan waktu memukul dinding dan berharap untuk mengubahnya menjadi pintu. – Coco Chanels

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s