Seminggu Bersama Yokhebed – Hari 7 Orang Tua yang Hebat

Amsal 1:8-9; 19:20; 29:17

Manusia adalah makhluk sosial yang hidupnya saling membutuhkan satu sama lain. Tidak ada seorang pun yang dapat hidup di dunia ini, tanpa pertolongan orang lain, termasuk di dalam mencapai kesuksesan. Di balik kesuksesan seseorang, pastinya ada orang yang turut berperan serta di dalam pencapaian kesuksesan tersebut. Jadi, sangat sombong jika ada orang yang mengaku bahwa kesuksesan yang dimilikinya adalah hasil dari kerja kerasnya sendiri tanpa melibatkan orang lain. Di dalam kesuksesan seseorang, orang tua memegang peranan penting di dalamnya. Ada istilah yang mengatakan bahwa, “Di balik kesuksesan seorang anak, ada orang tua yang hebat.”

Salah satu orang tua yang hebat di dunia ini adalah Yokhebed. Berkat teladan hidupnya, ia telah melahirkan anak-anak yang sukses dan berpengaruh di dunia. Anak-anak Yokhebed tidak hanya diakui oleh dunia, tetapi juga diakui oleh Tuhan. Berawal dari Musa, seorang pemimpin yang berjasa besar bagi bangsa Israel. Secara khusus ia dipilih oleh Tuhan untuk membebaskan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir. Kemudian Harun, kakak Musa. Awalnya, Harun diperintahkan Tuhan untuk menjadi juru bicara yang akan mendampingi Musa menghadap Firaun, guna membebaskan bangsa Israel dari Mesir. Kemudian setelah itu, Harun mendapat kepercayaan yang lebih besar, yaitu dipilih menjadi pemimpin rohani untuk bangsa itu. Harun adalah toko kedua setelah Musa, yang juga berjasa besar di dalam pembebasan Israel dari tanah Mesir. Selama hidupnya, ia telah menunjukkan pengabdian yang tulus dan ikhlas di dalam mengerjakan tugas-tugasnya sebagai imam. Terakhir adalah Miryam, anak pertama yang lahir bagi Amram dan Yokhebed. Sejak kecil, ia telah berjasa besar bagi Israel, karena ia turut berperan serta di dalam penyelamatan adiknya, Musa. Di dalam Kitab Keluaran, Miryam disebut sebagai nabiah atau nabi perempuan. Sedangkan di dalam Kitab Mikha, Miryam disebut sebagai salah satu pemimpin yang juga memiliki peran yang dianggap sama pentingnya dengan saudara laki-lakinya.

Diakui atau tidak, hidup kita yang berguna seperti saat ini, semua berkat jasa orang tua. Orang tua selalu mendoakan dan mengusahakan segala sesuatu untuk mendongkrak kesuksesan anak-anaknya. Dimulai dari pendidikan di dalam keluarga, di mana orang tua mengajarkan sopan santun, etika, moral, akhlak, dll. Saat ini mungkin kita menjadi seorang pengusaha, dapat menyelesaikan sekolah sampai tingkat tertinggi, menggunakan bahasa-bahasa intelektual, bergaul dengan orang-orang berpengaruh, dan mungkin masih banyak lagi. Ingat, itu semua karena kita memiliki orang tua yang hebat, yang senantiasa mengajarkan kita hal-hal terkecil hingga terbesar dan yang telah menjadi panutan kita dalam hidup ini. Kelak kita pun dapat menjadi orang tua yang hebat bagi anak-anak kita, dengan memberikan teladan yang dahulu pernah kita lihat dari orang tua kita.

=============================================================

Makna hidup adalah untuk menemukan bakat Anda. Tujuan hidup adalah untuk memberikannya. – Anonim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s